Men to the left because Women always right

©Karena wanita ingin dimengerti – Ada band, all rights reserved

Hubungan nya apa?

Setelah vakum beberapa bulan, blog yang sudah sepi pengunjung, makin terlihat sepi tanpa ada update postingan baru. Folder draft penuh dengan variasi tema dari ulasan film, serial tv, sampe ke riviu gadget. Tetapi semua topik tersebut menuntut untuk lebih aktif meng-update konten karena perkembangan teknologi digital yang pesat. Lalu terlintas di pikiran; kenapa gak menulis (lagi) tentang tema yang tetap valid dan gak terpengaruh sama tren tertentu. Hubungan apa yang diharapkan dari sebuah blog dengan nama tautan berupa nama seseorang cuma disambung trus dibubuhi akhiran .com? Selain isinya yang cuma curcol-an pribadi yang suka nekat di unggah ke jagad maya. (hihi belajar berbahasa dengan baik istilah teknologi baru)

-Selfie menurut KBBI adalah “Swafoto”-

Apalagi kalau bukan bicara tentang ruwetnya suatu hubungan antar lawan jenis? kisah klasik pria VS wanita yang seakan gak habis – habis untuk dibahas. terutama uniknya kisah romansa di era digital yang serba cepat. Semua berubah, situasi berubah, bahkan beberapa aturan main pun terus direvisi. Kalau sudah begini, teringat ketika menjalin hubungan di jaman analog masih terasa lebih simpel. (Ingat kata-kata; “met bobo sayang, suit drim.. KIRIM 2X YA MAS)

Anak Venus ketemu geng Mars

Bagi anak geng MARS yang merasa senyum sendiri membaca judul di atas. Jawabannya bukan itu lerr, bukan tempat relaksasi kolam cetek. Awas loh kopdar (gak ajak-ajak :D). Berdasarkan buku terkenal dari tahun 1992 tulisan karya John Grey yang berjudul “Men are from Mars, Women are from Venus”. Menjabarkan tentang psikologi pria dan wanita dalam berhubungan dan perbedaan cara pandang. Bahkan bacaannya pun ikutan analog kurang milenial sekali gak sih?

Dinamika hubungan si Mars dan Venus dimulai dari jaman Adam dan Hawa. Merekalah yang harus merasakan berpasangan karena memang tidak ada pilihan lain. Sehingga hampir mustahil terjadi perselingkuhan di era tersebut. Sisi positif lainnya adalah; si Adam tidak pernah merasa ke-Baper-an sendiri soal mantan.

Di jaman itu terlihat betapa tambeng-nya si Hawa. Dengan nekat mengambil apel laragan. Jelas-jelas ada peringatan bertuliskan “Jangan metik sembarangan”. di sebelahnya ada papan yang dicoret-coret pillox bertuliskan “Yang kencing disini Anjing”. Dan lebih lanjut lagi pohon tersebut sudah penuh dengan tempelan kertas “JASA SEDOT HP” atau “LES PRIVAT KHUSUS CEWE CAKEP SEKSI”

Lalu kenapa sih si Hawa gak mau nunggu si Adam pulang dan coba di diskusikan dahulu? Mungkin di jaman sekarang kejadian tersebut dengan mudah dapat diilustrasikan sebagai berikut; Sebuah cart belanja di situs online shop penuh dengan produk “apel malang” pilihan si Hawa. Kemudian dia check-out dengan kartunya si Adam tanpa bertanya si Adam dulu. (kelar nih hidup gw abis posting ini, HA!).

Sofi, sang ular free ongkir

Sehingga akibat hasutan si ular kasur (eh) si Hawa kemudian terbujuk oleh manisnya rayuan promo diskon, free ongkir dan flash sale yang ditawarkan oleh Sofi, sang ular. Yang usut punya usut adalah taktik muslihat politik si Lucifer. Dia adalah temen dekat-nya si Adam sendiri, sebelum akhirnya diusir dari Sorga. No komen klo soal ini deh. Karena semua jaman sama aja, temen yang harusnya saling mendukung, malah saling menikung. hehehe. Sudah biasa itu apalagi di jaman sekarang, dimana pacar rasa temen, temen rasa pacar, atau pacar temen di rasa-rasa.. (akh..)

Pelajaran yang dapat “dipetik” (yes, pun intended) dari cerita tersebut adalah bahwa dalam suatu hubungan sulit untuk menyamakan dua proses pemikiran yang saling berbeda pula cara pendekatannya. Dimana pria biasanya lebih praktis dan logika (walaupun banyak juga pria yang baper tingkat dewa) Dan para wanita biasanya lebih menggunakan sisi emosional dan perasaan.

“Peka” bukan “Penjahat Kelamin”

Bisa saja pria yang selalu saja dituduh “kurang peka” tidak sadar telah berbuat kesalahan. Wanita berbeda pemikiran. Mereka jengkel karena menurut mereka sang pria-lah yang semestinya bisa tahu perbuatannya yang salah, sehingga membuat para wanita kesel sendiri.

Kalimat no-1 yang paling banyak dihindari para pria dalam hubungan adalah: “Pikir aja sendiri! salah dimana? udah gede, kan?“. Membuat pria selalu dituntut ekstra lebih dalam proses pemikirannya. Mungkin saja pria sudah dipenuhi dengan pemikiran bagaimana supaya bisa memenuhi kebutuhan bulanan dapur mereka berdua. Berdua disini bisa juga berarti pos satu dan pos dua. Gak papa juga klo sanggup mah.

Kemudian dalam hubungan sebuah keributan besar dapat terjadi yang bahkan bisa berhari-hari. Hal ini membuat para pria semakin kebingungan. “sebenernya hal apa sih yang barusan kita ributkan?”. Ditujukan kepada pria. “GIMANA SIH?” “NGERTI GAK SIH?” “PIKIR DONG PAKE OTAK” masa sih para pria gak pernah bisa nangkep semua kode sinyal yang dari kemarin di pancarkan oleh satelit ke semua stasiun ke seluruh penjuru nusantara? penyesalan datang pada kaum pria. Karena kurang menyimak semasa Pramuka. Tertidur waktu nonton “the Enigma code.” Dan tidak sempat belajar ilmu nujum, ramal dan telepati?

Walaupun setelah semua rasa amarah itu mereda. Pria pun bisa langsung luluh lantak ketika sang dewi sudah kembali memeluk mereka manja. Sudah kembali waras dan jiwa kembali ke raga mereka (dan Lucifer pun lalu kembali menjadi Sofi, sang ular) Selanjutnya yang terjadi bisa membuat semua pria tersenyum simpul karena make-up sex yang kelewatan.

How to survive; Brief guide for men

Berikut beberapa tips tambahan bagi para pria yang masih selalu bingung. Apa lagi kesalahan mereka sampai kemudian di cemberutin, muka ditekuk dan jatah di stop? terutama di stop karena tamu bulanan suka ngajak temennya si “Senggol bacok!”

  • Menjelang PMS, nafsu makan cewek bisa meningkat drastis. Apabila dalam situasi kalau melihat si dia tiba-tiba doyan banget makan, nggak usah komentar!. Mending konsen aja main game. Tapi ingat, jangan kelamaan sesekali HP mesti diturunkan dan tersenyum ke arah dia. Seolah-olah kamu menyimak cerita dia dari satu jam lalu tentang si Wally ikan paus. Kalau tidak, harus siap HP kamu lepas dari tangan trus di lempar ke kolam ikan Piranha.
  • Kadang, dia sering kesal tanpa alasan yang jelas. Nggak ada pilihan lain, kecuali DIAM! tahan keinginan untuk mengkomentari atau cerita hal yang tidak penting. Seperti soal mantan atau bahkan ngapain aja sama mantan? OH NO. Kunci mulut rapat agar selamat. Mood cenderung naik turun: sebentar happy 5X, mendadak galau, tiba-tiba marah, 10 menit kemudian sesenggukan. Mungkin, kamu memang harus lemesin. Selalu pikir positif mungkin dia hanya butuh istirahat.
  • Saat dia tegas: “nggak mau, aku lagi males”, please. Jangan dipaksa! kalau masih suka bernafas. Coba alihkan pikiran dia dengan humor yang tidak terlalu crispy. Bantu kegiatan atau pekerjaannya. Coba berikan pujian tapi jangan kelewat gombal. Berikan kesabaran dan perhatian. Atau.. coba kabur jangan ketemuan dulu. Main game setelah basah mancing di kolam Piranha.
  • Lafalkan 4 kata ajaib ini dalam situasi genting; “You’re right I’m sorry” atau “aku salah, maafin ya!” Sudah tidak pengaruh mana yang salah dan yang benar. Perdamaianlah yang utama., Andai saja kata-kata ini berlaku untuk hubungan Israel dan Palestina. Dunia akan lebih indah kalau kita stop saling menghabisi satu sama lain. (bukan pesan sponsor, hanya cinta damai piss bawa bendera koepoe-koepoe).
Tips singkat Gombal
  • Gombal ah
  • Nanti aku ulang tahun, kasih aku pita aja. Kadonya ada kamu aja udah cukup berkesan buat aku.
  • Kalo buah aku sukanya sih apel dibanding anggur, makanya aku lebih suka ngapelin kamu daripada nganggurin kamu.
  • Browser aku aneh nih, setiap kali aku googling ‘cantik+manis’ kok keluarnya nama kamu semua sih.
  • Mbak, tadi saya pesan sayur asam manis, kok yang dianterin malah senyum manis?
  • Klo masih kurang, lihat kesini ya >> #bermainkata
  • Yang singkat, yang padet
  1. Yang pasti, cewek paling nggak suka kalau kamu banyak nanya!
  2. Tapi, jangan dicuekin juga keles!
  3. Dia pun nggak suka kalau kamu memberi perhatian yang berlebihan..
  4. Kembali lihat no. 2, penting!
  5. Jangan sekali-kali mengajak dia berdebat
  6. Dan jangan juga coba-coba menghakimi dirinya..
  7. Hindari mengeluh di depan dia..
  8. Lagi-lagi kembali lihat no. 2, ya!

Bingung lalu apa yang kemudian pria harus lakukan? Cari titik tengah dalam setiap hal. Masih bingung gimana? kalau Anda membaca ini dan Anda pria, selamat, kamu masih normal. Kalau para wanita yang baca, coba hargailah perasaan pasangan kamu seperti kamu menghargai orang lain. Bagaimanapun juga situasinya, kalian adalah orang terdekat masing-masing setelah keluarga. Sedikit pengertian bisa berarti banyak, karena dalam suatu hubungan harus ada take and give dan kata saling.

Udah dulu ya?

Tapi cinta memang suatu arus energi misterius yang begitu kuat. Sebuah kekuatan yang bisa menyatukan para pejuangnya dalam satu ikatan bathin yang erat. Selama masih ada cinta maka perbedaan akan terasa lebih ringan. Bisa dibilang cinta itu satu anugerah dan kelebihan bagi manusia.

Bagi mereka – mereka yang belum dihampiri oleh cinta. Baik dari lawan jenis maupun sesama jenis, tidak ada rasa menghakimi disini, preferensi masing-masing (atau kaum Jones) Jangan asik sendiri ataupun menyerah, karena cinta bisa datang kapan saja dan secara tiba-tiba. Kadang malah bisa bikin ketulah omongan sendiri. Yang dulu hanya meledek dan bercanda. Begitupun kalau datang, jangan pula langsung di tutup (kecuali diantem tutup pintu depan muka kita) Karena perasaan itu merupakan suatu bentuk kebahagiaan sendiri.

Beberapa contoh situasi cinta yang datang; Ketika cinta datang tapi sama temen sendiri. Yang sering biasanya jatuh sama pacar temen. (atau yang dititipi oleh temen untuk menjaga pasangan temen tersebut, rumit? ada) Atau ketika cinta datang dan berbalik membunuhmu. Apakah cinta itu salah? belum tentu juga mungkin saja situasi nya yang kurang tepat atau cuma simpel karena nasip.

1 comments On Men to the left because Women always right

  • My brother suggested I might like this blog. He was entirely right.
    This post actually made my day. You cann’t imagine
    just how much time I had spent for this info! Thanks!

Leave a reply:

Your email address will not be published.